Sosiologi: Pemberdayaan jajanan tradisional

Ereng-ereng 

       Merupakan makanan tradisional yang dibuat dari ketela dan tepung. Sekarang banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, padahal makanan ini pernah populer pada zamannya. Mungkin karena rasanya biasa saja, warna membosankan, atau bentuk kurang menarik/unik. Untuk itu, saya akan memberdayakan kearifan lokal ini dengan cara sebagai berikut:
1. Memberikan varian rasa mulai dari manis, gurih, pedas, asin dan lainnya. Contohnya rasa coklat, keju, stroberi, balado. Bahkan rasa bisa digabungkan seperti coklat keju. 
2. Mengubah bentuk ereng-ereng yang biasa saja menjadi unik, lucu atau apa untuk membuat masyarakat penasaran dan tertarik untuk mencobanya. 
3. Memberikan warna yang menonjol agar terlihat cantik. 
4. Membuat kemasan ereng-ereng modern/kekinian dengan menambahkan stiker produk dikemasan agar dikenal masyarakat. 
5. Mengenalkan ereng-ereng secara langsung kepada masyarakat dengan menawarkannya disetiap rumah masyarakat, acara pesta, pernikahan, dan lainnya. 
6. Menjual secara online lewat instagram, Facebook, whatsapp, dan aplikasi lainnya. Dan menerima pesanan/orderan baik secara online maupun langsung. 
7. Menjual dengan harga murah/harga pas dikantong masyarakat, dengan menjaga kualitas bahan/barang.



                       Kue Putu





adalah jenis makan tradisional nusantara yang berupa kue dengan isian gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan. Kue ini dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna putu ini adalah putih. Untuk lebih meningkatkan daya tarik masyarakat, perlu dilakukannya pemberdayaan dengan cara memberikan varian rasa seperti coklat, stroberi, keju, atau lainnya. Dan memberikan varian warna agar terlihat menarik. Memberikan bentuk lain seperti bunga. Mempromosikan lewat akun sosial seperti whatsapp, instagram, facebok dll. 


Komentar